Tahun Kelahiran Yesus Bukan 1 Masehi?


Dalam artikel sebelumnya tentang Ayah biologis Yesus DISINI, dijelaskan bagaimana bertolak belakangnya antara kesaksian Lukas dan Matius. Di artikel ini akan kita lihat pertentangan yang lain tentang Kelahiran Yesus.

 
LUKAS
Lukas 1:34-36 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

Lukas 3:23Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,

Jadi Umur Yohanes dan Yesus berselisih 6 bulan. Ketika Yohanes membaptis Yesus, dan Yesus memulai pengajarannya, umur Yesus adalah 30 tahun.  semua itu terjadi ketika dalam pemerintahan Tiberius.

Lukas 3:1Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,

Menurut Wikipedia : Tiberius ( /taɪˈbɪriÉ™s/; Latin: Tiberius Julius Caesar Augustus; 16 November 42 BC – 16 March 37 AD), was Roman Emperor from 14 AD to 37 AD

-Naik tahta menjadi kaisar Romawi : 14 M.

Jadi, 15 tahun masa pemerintahan Kaisar Tiberius adalah terjadi pada tahun 29 M. Sehingga  pada tahun 29 M Yohanes Mulai berdakwah dan membaptis. Saat itu umur Yesus 30 tahun. Jadi kapan Yesus dilahirkan?

Kaisar Tiberius 15 tahun memerintah  ==> 29 M 
Yohanes berdakwah & membaptis     ==> 29 M saat Yesus berumur 30 tahun
 
JADI Yohanes lahir Tahun 1,6 Sebelum Masehi (SM), dan Yesus lahir Tahun 1 SM(6 bulan sesudah Yohanes) ==>selama ini umat Kristen menganggap Yesus lahir 1 M?.
 
Kalau dihitung dari bulan akhir masa pemerintahan yaitu 16 Maret, maka 30 tahun sebelumnya adalah 30 Maret SM  Jadi seharusnya Yesus lahir di bulan Maret.
 
"Lacking any scriptural pointers to Jesus's birthday, early Christian teachers suggested dates all over the calendar. Clement. . . picked November 18. Hippolytus . . . figured Christ must have been born on a Wednesday . . . An anonymous document[,] believed to have been written in North Africa around A.D. 243, placed Jesus's birth on March 28" (Jeffery Sheler, U.S. News & World Report, "In Search of Christmas," Dec. 23, 1996, p. 58).

MATIUS
Matius 2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem

Menurut wikipedia : Disini, berdasar karya Emil Schurer (1896) para ahli sepakat  mengatakan bahwa Herodes mati di abad 4 SM, meski di abad 20 ini ada yang menentang dan mengatakan tahun kematian adalah 1 SM. Tetapi bukti kuat adalah 4 SM dimana kerajaannya dibagi untuk anak-anaknya saat itu. Josephus mengatakan Herodes mati setelah Gerhana Bulan. Sebuah Gerhana Parsial terjadi tanggal 13 Maret 4 SM (29 hari sebelum Paskah), meski 2 Gerhana lain juga pernah terjadi.

ARTIKEL TERKAIT :