Keinginan dan Doa (Agar Doa Kita Dikabulkan)




(Al-Quran QS 13:11) ……..Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

[Al-Quran QS 40:60] Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".


 Ayat QS 13:11 adalah AYAT BERUSAHA
Ayat QS 40:60 adalah AYAT BERDOA.


Bagaimana caranya agar keinginan kita dikabulkan oleh Allah?. Ada beberapa orang melakukan ini agar keinginannya dikabulkan :

A. Hanya Berdoa
Berdoa saja kemungkinan kurang mendapat perhatian dan pengabulan dari Allah. Siapa kita?. Manusia itu dilihat dari alam semesta hanya sebesar bakteri atau atom bahkan lebih kecil, masak Allah yang Maha Besar mau-maunya mengabulkan doa kita begitu saja. Aplagi kita itu banyak berdosa

B. Berdoa dan Berusaha (Berdoa dulu lalu berusaha)
Terkadang kita dalam mencapai keinginan kita berdoa dulu lalu melakukan usaha untuk mencapai dan selesai.

C. Berusaha dan Berdoa (Berusaha dulu lalu berdoa)
Terkadang kita dalam mencapai keinginan tak dimulai dari doa, langsung melakukan dan diikuti berdoa agar yang kita lakukan dikabulkan.Tetapi yang lebih tepat lagi sebenarnya Berdoa-Berusaha-Berdoa.


D. Berdoa - Berusaha - Berdoa
Berdoa apa yang akan kita capai - Berusaha mencapai - Berdoa agar dikabulkan

Istilahnya adalah setelah kita berdoa dulu tentang hal yang kita ingini lalu kita  berusaha untuk mencapai (dengan cara yang benar) baru kita berdoa lagi agar yang sudah kita lakukan berhasil dan diakhiri dengan tawakal (menyerahkan hasil usaha dan doa kita pada Allah, terserah Allah mengabulkan atau tidak)
.

Apakah kalau caranya tidak benar akan tercapai?. Banyak orang yang berhasil berbuat jahat apakah itu dimulai dengan berdoa atau tidak, tapi kemungkinan tidak. Ini menandakan bahwa ayat berusaha itu lebih kuat daripada ayat berdoa. Bahkan sampai-sampai kejahatan pun berhasil terwujud. Dan semua kembali ke kita, kita akan menerima balasan sesuai yang kita lakukan di akhirat nanti.

Agar doa dikabulkan seharusnya kita juga harus memperhitungkan terhadap prosentase keinginan yang akan kita capai. Misalnya :
  • Jika anda saat kecil berdoa agar menjadi presiden maka kita harus tahu bahwa presiden itu hanya 1 tetapi yang ingin jadi presiden itu mungkin 1 juta, maka kemungkinan besar doa kita tidak terwujud. Hanya orang yang mempunyai Ayat Berusaha yang paling kuat saja yang akan terwujud.
  • Jika anda dari kecil berdoa untuk menjadi tukang parkir, maka prosentase dikabulkannya doa anda akan semakin besar, karena jumlah tukang parkir bisa lebih dari 1 bisa ratusan bahkan ribuan atau ratusan ribu. 
  • Jika kita berdoa untuk mempunyai anak maka semakin besar akan dikabulkan, kita jangan melihat perorangan tetapi kita lihat secara global. Lebih banyak orang berhasil punya anak, daripada tidak punya. Buktinya jumlah penduduk semakin besar. Kecuali manusia sudah berencana tidak menikah atau tidak ingin punya anak. Bagaimana untuk perorangan, kita tahu ada pasangan yang setengah mati berusaha tetapi belum dikarunai anak?. Sekali lagi karena Allah lah pemilik alam semesta ini semua tergantung Allah, yang harus kita lakukan adalah sesuai no D diatas, hasil akhir kita kembalikan kepada Allah. Karena sebenarnya punya anak atau tidak punya anak keduanya merupakan cobaan buat kita. Banyak yang punya anak tetapi anaknya membawa Malapetaka baik kepada bapak ibunya atau sekitarnya. [QS 8:28]Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Bahkan Meskipun Allah itu Maha Pengampun kita tetap harus berusaha untuk selalu berbuat baik dan beribadah agar mendapat ampunan, karena meski dosa manusia sebesar langit dan bumi, selama masih ada keimanan di hati akan diampuni dosanya dan menghuni surga paling bawah. Jadi semakin besar prosentase peluang semakin besar pula doa anda akan terwujud.

BERLANJUT ===> KLIK DISINI