Sunan Kalijaga Saat Bertapa, Apakah Shalat?

Shalat nya sunan kalijaga saat bertapa

Selama ini ada sebagian umat islam di tanah air, terutama garis keras atau Radikal menganggap bahwa Sunan Kalijaga dianggap menyimpang, bahkan dianggap wali setan karena bertapa di sungai tanpa shalat. mereka tidak tahu hakekatnya. 

Dalam islam ada sebuah kisah tentang ashabul Kahfi yaitu kisah beberapa pemuda yang lari dari kejaran penguaza zalim, mereka bersembunyi di dalam gua. dan mereka tertidur disana. saat mereka bangun ternyata mereka telah tertidur selama 309 tahun. Tentu ini karena mukjizat Allah. nah tentu kita bertanya apakah pemuda itu shalat dalam tidur nya

[QS 18:10] (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo'a: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." 

[QS 18:11] Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu

[QS  18:18] Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami bolik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka.

[QS 18:19] Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)". Mereka menjawab: "Kita berada (disini) sehari atau setengah hari". Berkata (yang lain lagi): "Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun. 

QS 18:25] Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).

Ini juga berlaku pada Sunan Kalijaga (Raden Mas Sa'id)). Saat itu ketika Raden Sa'id (setelah diusir ayahnya yaitu Tumenggung Wilatikta yang merupakan Bupati dari tuban), karena merampok orang kaya untuk dibagikan ke orang miskin, pergi mengembara. Saat itu beliau terkenal sebagai Brandal Lokajaya. Dan ketika sampai di daerah rembang Jawa Tengah, beliau bertemu sunan Bonang.

Singkat cerita (menurut riwayat) Raden Sa'id ingin berguru. Namun sunan Bonang punya syarat, yaitu Raden Sa'id harus menunggu nya dengan menjaga tongkat sunan Bonang. Raden Syahid setuju. Lantas Raden Sa'id menunggu ditempat itu ber hari hari dan diapun bertapa untuk meringankan bebannya.Menurut cerita Raden Sa'id menunggu sampai tiga tahun. 

Setelah sunan Bonang kembali dia menemukan Raden Sa'id sudah ditumbuhi semak belukar. Setelah sadar maka Raden Sa'id pun menjadi murid Sunan Bonang. Dan karena tempat menunggu tersebut dipinggir kali atau sungai  maka Raden Sa'id dikenal sebagai Sunan Kalijaga (Sunan penunggu Kali)
 

Dari ulasan diatas terdapat 2 kesimpulan,


Pertama :


Kisah sunan kalijaga sekilas mirip kisah ashabul Kahfi seperti yang diulas diatas.Dimana kita tidak tahu dalam proses tidurnya mereka apakah shalat?. Dalam kisah Ashabul Kahfi Allah menidurkan, jadi mungkin mereka shalat dalam tidurnya layaknya shalatnya orang yang sedang dalam perjalanan di kendaraan umum.

Kedua :

Saat itu Raden Sa'id belum menjadi murid sunan Bonang, jadi belum memeluk Islam seratus persen. Dalam artian Islamnya belum sempurna. Jadi belum menjadi Wali.

*Jadi kalau ada yang menuduh Sunan Kalijaga adalah Wali Setan karena tidak shalat saat bertapa, maka mereka tidak tahu sejarah dan konteks nya