=====> ISLAM DOES  NOT SUPPORT TERRORISM <=====
ISLAM RAHMAT SELURUH ALAM



VIDEO SATU JAM CARA MEMAHAMI YESUS SEBAGAI ANAK TUHAN

Adakah Azab Kubur?

Bermula dari komentar seorang teman di sebuah blogi sebagai berikut : Gimana Enak Sih…..Didalam Kubur aja Sudah disiksa Oleh Munkar dan Nakir….Padahal Vonis Belum Dijatuhkan (Belum Tiba Hari Penghakiman), membuat kita untuk merenung kembali, adakah siksa kubur?.

Jika kita mencari ayat tentang adanya siksa Kubur di Al-Quran maka tidak akan diketemukan. Tetapi jika kita mencari di beberapa hadits mungkin akan ditemukan. Banyak muslim yang meyakini adanya siksa kubur dari sumber hadits.

Kalau dari sudut pemahamanku maka kemungkinan siksa kubur tidak ada, semoga Allah memaafkanku jika pemahamanku salah. Selebihnya hanya Allah yang tahu. Alasanku mengatakan azab kubur tidak ada karena Pertama : Al-Quran tidak menyebutkan dan Kedua : Ada ayat Al-Quran yang menurutku lebih kuat dari pada hadits, dimana pembalasan atau siksa terjadi setelah hari pembalasan/penghakiman. Ayat tersebut diantaranya sebagai berikut :


Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar). (As Sajdah ayat 21)

mereka bertanya: “Bilakah hari pembalasan itu?,(hari pembalasan itu) ialah pada hari ketika mereka diazab di atas api neraka (ADZ DZAARIYAAT  ayat 12-13)

Dan mereka berkata:”Aduhai celakalah kita!” Inilah hari pembalasan. (ASH SHAAFFAAT ayat 20)

Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan. (AL JAATZIYAH ayat 28)

Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (AL BAQARAH  ayat 281)

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya“. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. (ALI ‘IMRAN ayat 9)

Dan apabila dikatakan kepadanya: “Bertakwalah kepada Allah”, bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya. (AL BAQARAH ayat 206)

Ada sebagian Muslim yang menganggap “azab yang dekat” pada ayat As Sajdah 32:21 sebagai azab kubur, ini keliru. Karena di akhir ayat ada kalimat “mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar). Nah bagaimana mungkin manusia kembali ke jalan yang benar kalau sudah mati dan di alam kubur?.

[QS 36:52] Mereka berkata: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?”. Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul(Nya).

Ayat ini mengisyaratkan bahwa sebenarnya orang2 yang mati di dunia itu di alam kubur merasa seperti orang yang tidur, tetapi kemungkinan mereka sudah diberi mimpi akan siksa neraka.

ARTIKEL TERKAIT

Tanya Jawab :

Perkataan ketika “… para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata) : “Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar” bisa diartikan adalah ospek pada hari pertama memasuki alam barzakh.

banyak orang mati dengan berbagai cara, ada yang tersengat listrik, ada yang jatuh dari lantai 7, ada yang terlindas mobil…itu tentu menyakitkan, lebih menyakitkan ketika malaikat mencabut nyawa orang2 kafir. Ini adalah kesakitan ketika mati. Sedangkan soal siksa neraka, bukankah siksa neraka menunggu hari perhitungan. Jadi itu hanya gertakan (bukan neraka yang sebenarnya). Atau mungkin sample neraka. Ini terjadi sebelum memasuki alam kubur.    

 

“…“Dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang , dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”.” (QS. Al Mu’min: 45-46)


[QS 40:47] Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah DALAM NERAKA, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Sesungguhnya kami adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebahagian azab api neraka?”

1. dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.
2. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat.
3. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. 


NO 1
[QS 7:130] Dan sesungguhnya Kami telah menghukum (Fir’aun dan) kaumnya dengan (mendatangkan) musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan, supaya mereka mengambil pelajaran. [QS 7:133] Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa. [QS7:134] Dan ketika mereka ditimpa azab (yang telah diterangkan itu) merekapun berkata: “Hai Musa, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhamnu dengan (perantaraan) kenabian yang diketahui Allah ada pada sisimu. Sesungguhnya jika kamu dapat menghilangkan azab itu dan pada kami, pasti kami akan beriman kepadamu dan akan kami biarkan Bani Israil pergi bersamamu”.

NO 2
Neraka tidak lantas arti Neraka yang sebenarnya…bisa arti kias. Terkadang kita saat kesusahan merasa di NERAKA, padahal belum mati. pagi DAN petang DAN pada hari kiamat , kata hubung “DAN” tentu tidak sama dengan “SAMPAI”. Mereka yaitu yang seakidah dengan kekafiran fir aun

NO 3
[QS 40:46-47]……….”Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah dalam neraka,……………

INI ADALAH ADZAB NERAKA BUKAN KUBUR
Selebihnya hanya Allah yang tahu 
 
sample neraka hanya dialami sesaat?kan ayatnya pagi dan petang.Berapa lama rentang waktu dari ajal hingga memasuki alam kubur?Pastinya gak pake argo  Anda kurang teliti bahwa kematian dengan berbagai cara kok gak disebutin yang mati seperti orang tidur!Tiba2 pulas eh gak bangun2…

apakah di AQ disebutkan pagi dan petang itu harian atau bulanan?.tidak kan.

gue kasih contoh mati yang menyakitkan, karena konteksnya malaikat yang mencabut nyawa kafirin yang menyakitkan.

Maksudnya pada saat kiamat apa ditampakkan neraka pada saat yang bersamaan?Bukankah kiamatnya itu hancur massal?Kemudian bangkit dan diikuti hisab?Penjelasan gimana bro?Mereka yang di alam kubur apa termasuk para nabi?aduh cape deh…

maksudnya di alam kubur Allah memperlihatkan dahsyatnya kiamat kepada mereka 

“Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya.” (QS. Al An’am: 93)

kalimat “Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan” maksudnya bukan azab kubur tetapi bahwa mulai hari itu sudah hari final(hari menunggu perhitungan) dimana Malaikat sudah yakin akan kesesatan mereka dan akan disiksa di neraka 

Tak perlu malaikat untuk membuat persaksian Bahkan orang muslim pun sudah yakin jika GEORGE BUSH akan masuk neraka

[QS 6:93] ……. Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): "Keluarkanlah nyawamu" Di hari ini(HARI SETELAH PENGHAKIMAN) kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya. [QS 52:47] Dan sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada azab selain daripada itu. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui

Orang Zalim menganggap kematian sebagai akhir segala-galanya…Orang2 Kafir semisal Atheis menganggap bahwa Setelah mati ya selesai. Mereka tak tahu sakitnya mati bagi mereka dan Mereka mengira tak ada hari pembalasan setelah kematian (Neraka)

Siksa kubur mungkin dapat dipahami sebagai mimpi di alam kubur. Jadi siksaan yang bisa dirasakan seperti siksaan sebenarnya. Tetapi tetap saja setelah hari penghakiman baru lah kita merasakan siksaan atau kenikmatan yang nyata. Jika pemahamanku keliru semoga Allah mengampuni, hanya Allah yang paling tahu akan kebenarannya.

RANDOM ARTIKEL