Perbedaan KRISTEN dan NASRANI

Kristen dan Nasrani, sama atau beda?. Mungkin saat ini sebagian besar umat Islam beranggapan bahwa Kristen dan Nasrani merupakan hal yang sama, padahal berbeda. Lalu dimana bedanya?.

Untuk mengetahui bedanya maka pertama-tama kita harus tahu dulu sejarah perkembangan agama Kristen. Sejarah disini kita fokuskan ke sejarah religinya.

Sejarah kristen dimulai saat Nabi Isa (Yesus) lahir (Baca Disini), Dan tentu saat itu belum ada nama Kristen. Tetapi lebih tepat Nasrani.

Untuk memahami apa itu Nasrani ada baiknya anda membaca dahulu artikel-artikel sebelumnya dibawah ini (klik judulnya):

  1. Kota Tempat Lahir Yesus
  2. Asal Usul Nama Injil 
  3. Asal Usul Nasrani

Untuk memahami apa itu Kristen ada baiknya anda membaca dahulu artikel-artikel sebelumnya dibawah ini (klik judulnya):

  1. Sejarah Ketuhanan Yesus
     

Setelah anda membaca semuanya pasti anda akan mendapat gambaran besar terkait perbedaan keduanya. Kesimpulannya adalah bahwa Kristen itu sebenarnya lahir setelah Konsili Nicea dimana ajaran Paulus mendominasi (mengakui Yesus sebagai Tuhan). Persebaran agama ini sebagian besar ke Eropa barat dimana agama ini dibawa oleh Romawi (Romawi Barat) saat penaklukkan Eropa Barat. Dan akhirnya dibawa ke negara lain saat penjajahan (kolonisasi eropa) atas negara lain.

Kisah Para Rasul 11:26 "Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen."

Ayat tersebut lahir pada masa Paulus 

Sedangkan Nasrani merupakan kelompok yang tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan (sederajat). Kalaupun mereka menganggap Yesus sebagai Anak Tuhan, itu bukan dalam arti biologis (Baca Disini)

Saat ini mereka dikenal sebagai Kristen Ortodox. Itulah mengapa tata cara peribadatan mereka hampir mirip dengan Islam (Baca Disini). Saat ini mereka tersebar di sebagian besar Rusia. Dahulu pusat kekuasaan mereka ada di Byzantium (Romawi Timur)

Sehingga anda sekarang tahu bagaimana kita menyikapi makna Nasrani dan Kristen di masa sekarang Ini (Baca Disini)