Jika berganti halaman baru tunggu sekitar 10 detik kemudian klik "SKIP AD" di sebelah kanan

Sabtu, 02 Juni 2012

Sebuah Analisa Tentang Yajuj Dan Majuj

Bagi kita umat Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut Yajuj Majuj. Tetapi yang menjadi persoalan adalah belum jelasnya makna dari Yajuj dan Majuj. Banyak yang beranggapan bahwa Yajuj dan Majuj adalah pengikut Dajal yang akan keluar nanti saat menjelang akhir zaman. Aku pribadi memahami Yajuj Majuj bukan untuk masa datang, tetapi masa lalu. Kata Ya’juj dan Ma'juj berasal dari kata ajja atau ajij dimana kata ajij artinya nyala api. Tetapi kata ajja berarti pula asra’a, maknanya berjalan cepat. Ya’juj wa-Ma’juj dapat pula diibaratkan sebagai api menyala dan air bergelombang, karena hebatnya gerakan. Dalam Al-Quran Yajuj Majuj dikatakan dalam 2 Surah yaitu :

[QS 18:94] Mereka berkata: “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” 

[QS 21:96] Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.

Selama ini banyak kaum muslim yang memandang 2 ayat diatas dalam satu konteks bahwa kedua ayat diatas berhubungan satu sama lain. Menurutku kedua ayat diatas tidak berhubungan meski sama-sama memuat kata Ya'juj Ma'juj. Karena Yajuj Majuj bukan merupakan nama orang atau kelompok tetapi hanya sebagai sebutan atas sesuatu (hanya istilah). Jadi dua ayat diatas konteksnya berbeda. Konteks pertama yaitu dalam Surah QS 18:94 sudah dibahas DISINI. Jadi dalam artikel ini akan dibahas mengenai konteks yang kedua pada QS 21:96
 
Sebagian dari kita kaum muslim tentu masih merasa bingung dengan penafsiran ayat diatas. Jika kita membaca tentang Yajuj dan Majuj banyak ditemukan informasi yang berbeda dan sumber yang berbeda dimana kebenarannya pun masih belum jelas. Tambah lagi ada sebagian yang menghubungkan Yajuj Majuj dengan Dajal.

GOG dan MAGOG
INGAT…..di Al-Quran tidak ada ayat yang membahas soal Dajal. Lalu apa itu maksudnya Yajuj Majuj?. Jika dipikirkan sebenarnya Yajuj Majuj di Al-Quran pada QS 21:96 adalah kisah tentang Nabi Yehezkiel.

Nabi Yehezkiel Hidup di abad ke 6 SM, Dia termasuk didalam Orang buangan yang diangkut raja babel” Nebukadnezar” dari Yudea ke babel (sekarang Irak). Yajuj Majuj dalam bahasa mereka disebut Gog Magog. Di Bible dikisahkan sebagai berikut :

KITAB YEHEZKIEL

Yehezkiel 38:1-2 Datanglah firman TUHAN kepadaku:”Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia.

Ini  membuktikan bahwa Yajuj Majuj sebenarnya kisah yang sudah terjadi sebelum 1 M bukannya kisah yang akan terjadi sebelum kiamat.

Yehezkiel 38:8 Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.

Yehezkiel 38:11 Engkau (Gog) berkata: Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram; mereka semuanya diam tanpa tembok atau palang atau pintu gerbang.

Yehezkiel 38:16 Engkau bangkit melawan umat-Ku Israel seperti awan yang menutupi seluruh bumi. Pada hari yang terkemudian akan terjadi hal itu dan Aku akan membawa engkau untuk melawan tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan mereka, hai Gog.

Di ayat Yehezkiel yang lain dikatakan sebagai berikut :

Yehezkiel 39:4 Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya.

Yehezkiel 39:6 Aku mendatangkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang diam di daerah pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Dari sini bisa disimpulkan penafsiran dari QS 21:96 bahwa selepas Yajuj Majuj keluar dari sarangnya dan hendak menyerang Israel, maka Nabi Yehezkiel menghancurkan Yajuj Majuj dari tempat yang tinggi (Gunung-gunung) dengan cepat layaknya angin. 

 

Copyright © review of religions Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger