Yesus Dan Pelacur "Penjelasan Yohanes Tentang Yesus di Yohanes 8"



Yoh 8:23 : Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Yoh 8:24 :Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."


Memahami ayat diatas kita harus memahami konteksnya terlebih dahulu. Untuk memahami konteksnya maka kita harus membaca dari awal konteks tentunya yaitu Yohanes 8:1. Diceritakan bahwa ahli Taurat dan orang Farisi membawa perempuan kepada Yesus (untuk mencobai Yesus) dan menyuruh Yesus untuk menghukum perempuan itu karena dituduh berzina.  Lalu Yesus berkata :


8:7Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Kemudian Yesus menulis diatas tanah (kemungkinan menulis nama-nama ahli Taurat dan Farisi tersebut). Dan ternyata mereka pergi dan yang tersisa hanya perempuan itu.Hal ini mengindikasikan bahwa orang-orang tersebut pernah melakukan zina juga. Kemudian Yesus mengampuni dan mempersilahkan perempuan itu pergi dan Berkata .

8:12Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Terhadap perkataan Yesus diatas orang Farisi menuduh Yesus bersaksi terhadap dirinya sendiri dan itu tidak benar. Lalu Yesus berkata :

8:14-18 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar (Baca Disini Tentang Kontroversi Kesaksian Yesus), sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.  Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;  Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."

Kemudian orang Farisi bertanya lagi :
8:19Maka kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus: "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku." ===>maksudnya bahwa Kita bisa tahu tentang Tuhan lewat Yesus (atau para nabi)

 Lalu sampailah pada ayat berikut ini :

Yoh 8:23 : Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Yoh 8:24 :Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Mendengar penjelasan Yesus ini orang-orang Farisi masih tidak mengerti maksudnya : 
YOH 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

Jadi apa yang dijelaskan oleh Yesus di Yoh 8 : 23-24 itu adalah tentang BAPA bukan tentang Yesus. (Baca disini Tentang Pengakuan Yesus Bukan BAPA)

Baca artikel terkait lainnya dibawah ini :

Benarkah Yesus Sudah Ada Sebelum Ibrahim/Abraham? (KLIK)