=====> ISLAM DOES  NOT SUPPORT TERRORISM <=====
ISLAM RAHMAT SELURUH ALAM



VIDEO SATU JAM CARA MEMAHAMI YESUS SEBAGAI ANAK TUHAN

Apakah Yahweh Nama Tuhan Kristen? (Bagian 2)

Di artikel sebelumnya (disini) telah dibahas mengenai Yahweh, apakah Yahweh nama Tuhan di agama Kristen atau tidak. Di artikel ini akan ditulis lagi untuk memperjelas hal diatas.

Nama Tuhan di agama Yahudi (tunggal) adalah Eloah atau pendeknya "EL", sedangkan nama jamaknya Elohiym. Penggunaan nama Yahweh sebagai nama Tuhan sering memicu spekulasi dan argument philosofi. Yahweh terkadang diucapkan sebagai Yehowa yang berarti "AKU atau AKU ADALAH AKU". Dan penyebutan nama Yahweh di dalam Alkitab sebelum adanya Eksodus belumlah ada. Sebelumnya nama yang umum adalah El Shaddai.

Di dalam Taurat nama Tuhan sebenarnya tersembunyi (ditulis tanpa kata kunci) sehingga namanya tidak bisa diucapkan.

Nama Tuhan hanya ditulis sebagai YOD-HEI-VAV-HEI (dibaca dari kanan ke kiri) dan sering diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai YHVH. Dalam perjalanannya di abab pertengahan beberapa kaum terpelajar salah menterjemahkan YHVH menjadi YHWH.

Alfabet Yahudi yang terdiri dari 22 huruf tidak mengandung huruf "W" atau pengucapan "WAY" hanya ada double VAV (VAV-VAV) dan diucapkan sebagai WAW (WAWA). Sehingga YHVH seharusnya diucapkan sebagai YA-WA bukan YAHWEH atau YAH-WAY. 

22 HURUF ALFABET YAHUDI
 
YHVH sebagai YA-WA juga tidaklah benar seratus persen , karena WAW (VAV-VAV) tidak bisa diikuti suara HEI (H). Seperti dalam bahasa Inggris B tidak bisa diikuti huruf Z. Juga karena semua nama Yahudi punya arti sedangkan YA-WA  tidak memiliki.

Sekitar  tahun 1100M para pelajar Masoretic Yahudi mengartikan ADONAI sebagai LORD dan menggunakan huruf AOA kedalam YHVH menjadi YaHoVaH yang dalam bahasa Inggris menjadi Jehovah. Tetapi ini tidak bisa mengartikan YHVH sebagai YAHWEH.

Beberapa kalangan Kristen kemudian memberi tambahan SHIN (S) dan AYIN (A) supaya dalam pembacaannya menjadi  YAH-SHU-AH yang berarti "Tuhan Adalah Penyelamat Kami"



Beberapa kalangan Kristen memberikan pengartian tersendiri mengenai YHVH bawa YHVH adalah YE-SHU-AH sebagai YESUS dan YAH-SHU-AH sebagai Tuhan (Penyelamat Kami). Hal ini untuk membenarkan Ayat Yohanes 5:43 bahwa Yesus datang dalam nama Bapa.

Yohanes 5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Tetapi sekali lagi YHVH bukanlah sebagai YAHWEH

RANDOM ARTIKEL

HATI-HATI BANYAK PENIPUAN INVESTASI ONLINE